Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Mikrobiologi

Mikrobiologi

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 25, 2024

Pembentukan biomassa atau senyawa-senyawa kimiawi yang ada di Planet Bumi sebagian besar merupakan sumbangsih dari organisme-organisme kecil yang telah menghuni planet ini sejak berjuta-juta tahun lamanya, jauh lebih lama dari peradaban manusia di Bumi ini. Organisme kecil berukuran mikro, yang kemudian kita sebut sebagai mikroorganisme inilah yang bertanggungjawab mensintesis dan memproses unsur-unsur kimia yang penting bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah: karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, sulfur, dan unsur organik lainnya.

Mikroorganisme juga erat kaitannya dengan manusia. Lebih dari 90% sel-sel yang ada dalam tubuh kita adalah mikroorganisme. Mikroorganisme dipelajari dalam ilmu mikrobiologi. Mikrobiologi menjadi induk dari cabang-cabang ilmu di bawahnya, antara lain seperti biokimia, biologi molekuler, dan genetika.

Dalam dunia kefarmasian, mikrobiologi wajib dipelajari untuk dapat merumuskan penemuan obat-obatan antibiotika dan antivirus (untuk melawan mikroorganisme patogen). Disamping itu, juga berguna dalam memanfaatkan mikroorganisme-mikroorganisme baik untuk melawan penyakit. Dalam mikrobiologi berguna untuk memanfaatkan sifat-sifat istimewa mikroorganisme untuk menghasilkan zat/senyawa yang kita inginkan, sebagai contoh adalah produksi vaksin.

Bibliographical Entries

  • Brooks, G.F., Carrol, K.C., Butel, J.S., Morse, S.A., dan Mietzner, T.A. (2010). Jawetz, Melnick & Adelberg’s medical microbiology. Jawetz, Melnick & Adelberg mikrobiologi kedokteran, terjemahan Aryandhito Widhi Nugroho dkk. Edisi 25. Jakarta: EGC.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Mikrobiologi“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 25, 2024.