Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Metabolomik

Metabolomik

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 25, 2024

Metabolomik merupakat metode analisis yang mengkuantifikasi dan mengidentifikasi metabolit dalam sel, jaringan, maupun cairan biologis dengan berat molekul 100-1.000. Metabolomik juga dapat diaplikasikan di bidang kesehatan, diagnostik, industri pangan, maupun mikrobiologi.

Metabolomik dapat mendeskripsikan tentang jumlah metabolit total. Terdapat beberapa langkah dalam studi metabolomik, yaitu pemrofilan, identifikasi, validasi, dan interpretasi. Terdapat 3 pendekatan yang digunakan dalam analisia metabolomik, yaitu:

  1. Analisis tertarget (analisis kuantitatif dan kualitatif terhadap sejumlah metabolit target yang telah ditentukan sebelumnya),
  2. Metabolite profiling (analisis yang dilakukan terhadap semua metabolit yang ada dalam sampel baik yang telah diketahui maupun yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya),
  3. Metabolite fingerprinting (analisis sidik jari terhadap semua komponen senyawa yang ada dalam sampel untuk membedakan kelompok sampel yang ada, namun tidak mempersyaratkan identifikasi senyawa-senyawa tersebut).

Bibliographical Entries

  • Warsito, MF. (2018). Analisis metabolomik: Metode modern dalam pengujian kualitas produk herbal. BioTrends. 9(2), 38-47.
  • Krastanov, A. (2010). Metabolomics–The State of Art. Biotechnology & Biotechnological Equipment. Volume 24. 1537-1543.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Metabolomik“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 25, 2024.