Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Madu

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 25, 2024

Dalam shahih Al-Bukhary dan Muslim, dari Abu Said Al Khudri bercerita: Ada seorang lelaki yang datang dan menemui Nabi SAW. Lelaki itu mengadu, “Saudaraku terkena penyakit perut melilit.” Dalam riwayat lain diceritakan “Perutnya melilit–lilit.” Maka Beliau bersabda “Minumkanlah Ia Madu”. Lelaki itupun pulang kerumah. Tak lama Ia kembali lagi dan berkata “sudah kuminumkan madu, tetapi belum juga sembuh”. Dalam riwayat lain dikisahkan bahwa dia mengatakan demikian dua atau tiga kali setiap kembali, kepada Rasulullah SAW selalu bersabda “Minumkanlah Ia Madu”. Pada kali yang ke tiga atau ke empat beliau menambahkan “Sungguh maha benar Allah, dan sungguh perut saudaramuu yang berdusta. Dalam Shahih Muslim disebutkan, saudaraku terserang buang-buang air” yakni karena rusaknya pencernaan sehingga perut bermasalah.

Sakit perut yang diungkapkan dalam hadits tersebut ialah nama penyakit yang sekarang dikenal dengan penyakit diare. Dari eksperimen yang telah dilakukan oleh peneliti, terbukti bahwa madu lebah memiliki pengaruh mengurangi rentang waktu diare bagi orang-orang yang menderita infeksi lambung dan usus. Hal ini disebabkan oleh karakter madu lebah yang berperan sebagai resisten kuman/bakteri.

Manfaat madu untuk kesehatan antara lain:

  1. Mengobati kekurangan darah
  2. Mengobati kebiasaan mengompol anak
  3. Mengobati luka bernanah
  4. Mengobati infeksi lambung
  5. Menghangatkan badan, mengobati pilek, dan sakit tenggorokan.
  6. Mengobati imsonia
  7. Menyembuhkan infeksi pada mata
  8. Mengobati keracunan alkohol
  9. Mempercantik kulit
  10. Mengobati kejang otot
  11. Baik dikonsumsi untuk ibu hamil
  12. Pada penderita diabetes, madu dapat mengontrol gula darah
  13. Mengobati penyakit jantung dan sebagai antibiotic.

Bibliographical Entries

  • Samir Abdul Halim. (2018). Ensiklopedi sains dan Islam. Jilid 1. Kamil Pustaka.
  • Qayyim, Al Jauziyah Ibnu. (2015). Metode pengobatan Nabi. Jakarta Timur: Griya Ilmu.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Madu“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 25, 2024.