Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Khalkon

Khalkon

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Khalkon merupakan antoklor yaitu pigmen kuning pada daun bunga. Bila kontak dengan basa atau diuapi dengan uap amonia warnanya berubah menjadi jingga sampai merah. Kalkon termasuk flavonoid minor di alam. Banyak terkandung dalam family compositae. Ditemukan banyak pada tanaman Elderberry. Contoh golongan khalkon adalah butein dan floridzin. Suatu senyawa dihidrokhalkon Diisolasi dari apel, dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

Suatu kerja farmakologis yang normal, tetapi berlebihan. Reaksi tipe A mernitikd karakteristik berikut: (1) Sebagian besar dapat diperkirakan. (2) Umumnya bergantung pada dosis. (3) Angka kejadian dan morbiditas tinggi. (4) Angka kematian rendah. Contoh reaksi tipe A meliputi depresi saluran napas oleh analgesik golongan opioid, batuk karena obat penghambat enzim pengubah angiotensin (inhibitor ACE), dan efek putus obat akibat golongan benzodiazepin atau alkohol.

Efek obat yang idiosinkratik, menyimpang dari kebiasaan, atau aneh yang tidak berkaitan dengan sifat farmakologi obat. Reaksi tipe B memiliki karakteristik berikut:

(1) Umumnya tidak dapat diperkirakan (2) Mungkin tidak terdeteksi oleh skrining penapisan Tidak selalu berkalan dengan dosis (3) Angka kejadian dan morbiditas rendah. Angka kematian tinggi (4) toksikologis. Reaksi tipe B biasanya bersifat imunologis (misalnya alergi penisilin).

Faktor pemicu ADR ada banyak dan bervariasi. Beberapa faktor hanya berkaitan dengan penyakit interaksi obat yang spesifik seperti ruam karena amoksisitin pada pasien yang menderita demam glandular. Namun, faktor-faktor berikut umumnya dianggap meningkatkan risiko ADR pada pasien: (1) usia, (2) kerusakan ginjal, (3) kerusakan hati, (4) kelemahan fisik, (5) polifarmasi, (6) jenis kelamin, (7) riwayat ADR sebelumnya, (8) genetik.

Empat faktor pertama cenderung memicu reaksi tipe A karena sangat mempengaruhi toksisitas obat, tetapi faktor lainnya yang tersisa dapat memicu reaksi tipe A atau tipe B.

Bibliographical Entries

  • Wiffen, P., Snelling , M., Mitchell, M., & Stoner, N. (2014). Farmasi Klinis Oxford. Jakarta: EGC.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Khalkon“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.