Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Kekuatan  Otot -  Kekuatan  Otot Lengan

Kekuatan  Otot -  Kekuatan  Otot Lengan

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 16, 2024

Ringkasan

Dalam   kegiatan   haji  dibutuhkan  kekuatan   lengan  yang optimal karena selama pelaksanaan ibadah haji, lengan akan dipergunakan untuk berbagai  aktivitasBeberapa  latihan dapat digunakan untuk melatih kekuatan lengan bagi calon jemaah haji, selain itu terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengetahui kekuatan lengan.

Lengan otot

Dalam aktivitas kehidupannya, manusia banyak menggunakan lengan untuk melakukan berbagai kegiatan. Terdapat empat macam otot yang menunjang gerakan dari lengan manusia, yaitu:1 Oktaviani (2012)

  1. Otot trisep yang mempunyai tiga hulu yaitu hulu panjang, hulu lateral, dan hulu medialis. Hulu panjang dan hulu lateral menempati bidang yang dangkal, sedangkan hulu medial terletak pada bidang yang lebih dalam.
  2. Otot biceps brechii dan breachilis, dimana otot biceps terletak pada  bagian  lengan  atas.yang fungsinya  menekuk  siku  dan memutar lengan bawah, sehingga telapak  tangan  dapat menghadap ke bawah dan ke atas. Sedangkan otot brachialis terletak dibawah biceps, fungsinya membantu biceps. Otot ini terbagi atas tiga bagian: lanteral, medial, dan antenior yang menyatu pada satu tendon.
  3. Otot-otot yang berkontraksi  pada lengan bawah  yaitu  otot pronator terez, tot supinator dan pronator quadrates.
  4. Otot pendukung yaitu Otot Deltoid dimana otot ini adalah otot yang membentuk bahu. Terdiri dari  tiga dan tiga kumpulan serabut otot, masing-masing berpangkal di titik yang berbeda namun ujungnya  bertemu  disatu tempat, yaitu otot lengan atas

Pada  kegiatan  ibadah haji kekuatan otot lengan sangat diperlukan  untuk kegiatan: melontar jumroh, tawaf, sai, membawa barang bawaan dan lain sebagainya

Latihan kekuatan otot lengan

Bagi calon jemaah haji yang sebagian besar berusia lanjut, terdapat prosedur yang dapat digunakan untuk melatih kekuatan otot lengan. Latihan kekuatan otot bertujuan agar otot lengan mampu membentuk kekuatan untuk mengerakkan atau menahan beban pada lengan. Bentuk latihan yang dapat dilakukan untuk otot lengan:

  1. Two arms press: bertujuan  untuk menguatkan  otot  lengan, bahu dan pundak. Prosedur latihan dilakukan dengan mengangkat beban  ke  atas  setinggi  dada  sehingga  ke  dua lengan lurus.
  2. Two arms curls: bertujuan  untuk memperkuat otot biceps. Prosedur    latihan   dilakukan dengan    mengangkat beban dengan  membengkokkan lengan pada siku dan siku tetap di samping badan.
  3. Trisep  stretch: bertujuan   untuk  meguatkan   otot  triceps. Prosedur latihan dilakukan dengan memegang beban di belakang  leher  kemudian  mengangkat  beban  dengan  kedua siku diluruskan.

Latihan kekuatan otot lengan menggunakan tali elastik
Sumber : Ambaedini, 2020

Selain itu juga terdapat latihan bentuk lain yang dapat dilakukan dengan menggunakan tali elastik Pengukuran kekuatan otot lengan dapat menggunakan beberapa metode, akan tetapi, bagi calon jemaah haji yang sebagian besar adalah lanjut usia, metode yang paling sesuai adalah menggunakan  tes kekuatan genggaman atau Handgrip Strength Test. Pengukuran handgrip  strength test dilakukan menggunakan alat dynamometer handgrip, dengan prosedur : 2W Kluwer, L Williams, Wilkins (2008)

  • Subyek  yang  diukur  kekuatan  ototnya  dalam  posisi  duduk dengan siku membentuk sudut 90°
  • Dilakukan tiga kali pengukuran untuk masing-masing tangan, tangan kanan dan tangan kiri dan diambil nilai rata-rata.
  •  Subyek  diminta  untuk menggenggam  handgrip  dynamometer dengan kekuatan maksimal selama 3 detik
  • Alat    dynamometer handgrip akan menunjukkan angka kekuatan otot lengan dalam satuan kg.

Handgrip dynamometer
Sumber : Topend sport

Klasifikasi kekuatan otot lengan dapat dilihat pada table di bawah ini :
Tabel klasifikasi kekuatan otot lengan 3ibid


Notes

  • 1
    Oktaviani (2012)
  • 2
    W Kluwer, L Williams, Wilkins (2008)
  • 3
    ibid

Bibliographical Entries

  • Kluwer W, Williams L, wilkins. (2008). ACSM’s health related physical fitness assessment manual. Second Edition. Philadelphia: ACSM
  • Oktaviani. (2012). Hubungan daya tahan kekuatan otot perut dan daya tahan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan mendayung 500 meter pada atlet Dayung Putri Kota Padang. Skripsi.

Citation

Risma Aprinda Kristanti: „Kekuatan  Otot -  Kekuatan  Otot Lengan“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 16, 2024.