Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Kebutuhan Terkait Obat

Kebutuhan Terkait Obat

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Ketika ada pasien/keluarga pasien yang membeli obat di apotek, baik dengan resep atau tanpa resep, maka apoteker harus memperhatikan kebutuhan pasien terkait obat. Kebutuhan terkait obat adalah kebutuhan yang harus dipenuhi saat menggunakan obat. Ada empat kebutuhan yang harus dipenuhi saat menggunakan obat, yaitu:

a. tepat indikasi. Tepat indikasi adalah kesesuaian antara indikasi obat dengan penyakit/gejala yang dirasakan pasien. Pada item ini harus dipastikan, bahwa semua penyakit/gejala harus ada obatnya dan dan tidak ada obat yang tidak ada penyakit /gejala yang dituju untuk diterapi dengan obat tersebut.

b. keefektifan obat. Keefektifan obat maksudnya bahwa obat yang digunakan bisa efektif untuk mengobati penyakit atau menghilangkan gejala yang dialami pasien. Oleh karena itu perlu diperhatikan ketepatan golongan obat, dosisnya tidak boleh kurang

c. keamanan obat. Sedangkan aspek keamanan obat, harus dipastikan bahwa obat yang digunakan adalah aman bagi pasien, tidak ada kontraindikasi, dosisnya tidak berlebihan, dan efek samping yang mungkin terjadi sudah diantisipasi dan diwaspadai.

d. kepatuhan pasien menggunakan obat. Apoteker harus memastikan bahwa pasien bisa patuh menggunakan obat tersebut sesuai aturan penggunaannya. Misalnya ketika obat tersebut berupa inhaler, maka dipastikan pasien bisa menggunakan inhaler dengan benar sesuai petunjuk.

Apabila ada salah satu dari kebutuhan terkait obat tersebut tidak dipenuhi, maka akan terjadi drug therapy problem (masalah yang muncul akibat penggunaan obat). Oleh karena itu apoteker perlu melakukan komunikasi dengan pasien. Komunikasi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan pasien terkait terapi obat yang akan dilakukan, apa harapan pasien terhadap terapi obat yang akan dilakukan dan sejauh apa perhatian pasien terhadap keamanan terapi obat yang akan dilakukan.

Bibliographical Entries

  • Cipolle RJ, et.al., (2012). Pharmaceutical care practice : the patient-centered approach to medication management service, Third Edition. USA: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Kebutuhan Terkait Obat“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.