Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Indikasi

Indikasi

  • Version 1.0
  • Published Wednesday, April 17, 2024

Istilah indikasi selalu terdapat pada kemasan obat. Ada juga yang menggunakan istilah khasiat. Indikasi obat artinya adalah tujuan penggunaan obat. Apa yang diharapkan dari obat tersebut bisa dilihat di informasi indikasi obat yang ada di kemasan obat. Misalnya, apabila kita ingin mengobati demam yang kita derita, maka kita cari obat yang memang di indikasi obat tertulis untuk mengobati demam.

Indikasi suatu obat ditentukan oleh efek farmakologis (khasiat) dari bahan aktif obat tersebut. Sehingga apabila ada nama-nama merek obat yang memiliki bahan aktif yang sama, akan memiliki indikasi yang sama pula. Hanya saja mungkin menggunakan istilah yang berbeda, seperti ada yang menggunakan istilah mengatasi demam, ada juga yang menggunakan istilah antipiretik. Bila menemui istilah-istilah yang tidak difahami pada keterangan indikasi yang ada di kemasan obat, bisa ditanyakan kepada apoteker.

Untuk menentukan apakah suatu pengobatan itu tepat indikasi atau tidak, maka dilihat apakah ada kesesuaian antara indikasi obat dengan penyakit/gejala yang diderita pasien. Dengan demikian bisa diketahui apakah ada penyakit atau gejala yang belum ada obatnya; atau sebaliknya, apakah ada obat yang tidak ada peruntukannya bagi pasien. Bila salah satu dari kedua hal itu ditemukan, maka apoteker perlu melakukan intervensi, sehingga tidak menimbulkan masalah terkait penggunaan obat (drug therapy problem).

Bibliographical Entries

  • Cipolle RJ, et.al., (2012). Pharmaceutical care practice : the patient-centered approach to medication management service, Third Edition. USA: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Indikasi“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Wednesday, April 17, 2024.