Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Imunisasi

Imunisasi

  • Version 1.0
  • Published Wednesday, April 17, 2024

Table of Contents

Imunisasi berasal dari kata imun yang artinya kebal atau resisten. Jadi imunisasi adalah proses menginduksi imunitas secara buatan baik dengan vaksinasi (imunisasi aktif) maupun dengan pemberian antibodi (imunisasi pasif).

Imunisasi aktif menstimulasi sistem imun untuk membentuk antibodi dan respon imun seluler yang melawan agen penginfeksi sedangkan imunisasi pasif menyediakan perlindungan sementara melalui pemberian antibodi yang diproduksi secara eksogen maupun transmisi transplasenta dari ibu ke janin.

Vaksinasi yang merupakan imunisasi aktif ialah induksi atau stimulasi sistem imun dengan cara memberikan antigen sehingga nantinya seseorang yang telah mendapatkan vaksinasi tidak akan sakit jika terpajan oleh antigen serupa. Antigen yang diberikan dalam vaksinasi dibuat sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan sakit, namun dapat memproduksi limfosit yang peka, antibody, maupun sel memori. Imunisasi pasif merupakan pemberian perlindungan dengan memberikan antibody (immunoglobulin) berasal dari plasma donor yang dapat memberikan proteksi dengan cepat tetapi efek imunitasnya tidak bertahan lama.

Pemberian imunisasi pasif hanya memberikan kekebalan sementara karena immunoglobulin yang diberikan akan dimetabolisme oleh tubuh.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Imunisasi“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Wednesday, April 17, 2024.