Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Ikatan Apoteker Indonesia

Ikatan Apoteker Indonesia

  • Version 1.0
  • Published Wednesday, April 17, 2024

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) merujuk pada organisasi profesi tempat berhimpunnya para Apoteker di Indonesia. Organisasi ini mulai terbentuk pada 18 Juni 1955, dimana beberapa apoteker di Jakarta mulai merasakan perlunya suatu organisasi apoteker yang dapat memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan- kepentingan farmasi pada umumnya dan kepentingan-kepentingan apoteker pada khususnya.

Ikatan Apoteker Indonesia sempat beberapa kali mengalami pergantian nama organisasi. Pada Kongres ke VII Ikatan Apoteker Indonesia di Jakarta pada tanggal 26 Februari 1965, nama Ikatan Apoteker Indonesia berganti menjadi Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI). Keanggotaan ISFI terdiri atas Sarjana Farmasi, Apoteker dan Sarjana Farmasi Non Apoteker.

Pada Kongres XVIII Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia di Jakarta pada tanggal 07-09 Desember 2009, nama organisasi Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI) berubah kembali menjadi Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Ikatan Apoteker Indonesia adalah satu satunya Organisasi Profesi Apoteker di Indonesia yang diakui oleh Pemerintah Republik Indonesia dan ditetapkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-17.AH.01.07 Tahun 2013 tanggal 13 Februari 2013 tentang pengesahan Badan Hukum Perkumpulan yang menentapkan pengesahan Akta Pendirian: Ikatan Apoteker Indonesia disingkat IAI, NIP. 03.093.733.8-031.000.

Lambang atau Atribut Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia adalah Ular dan Cawan berwarna Merah di dalam Inti Benzena berwarna Hitam dan di bagian bawahnya tertulis IAI.

Bibliographical Entries

  • Ikatan Apoteker Indonesia. Sejarah. Diakses Tanggal 16 November 2020. www.iai.id

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Ikatan Apoteker Indonesia“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Wednesday, April 17, 2024.