Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Ibnu Zuhr

Ibnu Zuhr

  • Version 1.0
  • Published Wednesday, April 17, 2024

Ibnu Zuhr ini merupakan ilmuwan yang terkenal sebagai dokter, apoteker, ahli bedah, dan sarjana Islam yang memiliki nama lengkap Abu Marwan Abdu al-Malik Ibnu Zuhr yang lahir pada tahun 1091 M.

http://www.webgaza.net/images/scientists-scholars/Zuhr.jpg

Ibnu Zuhr menghasilkan karya yang dituangkan dalam kitab al Taysir fi al Mudawat wa al Tadbir, dalam karyanya Ia mengupas tentang beragam jenis-jenis penyakit beserta cara penyembuhannya. Selain itu, Ia juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan dengan asupan gizi yang baik dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Buku ini merinci dan menjelaskan tentang aneka jenis makanan dan obat-obatan serta dampak positif dan negatif bagi kesehatan.

Sebanyak 30 simplisia berhasil dikumpulkan dirinya. Simplisia yang dikumpulkan ini dilengkapi dengan metode pengamatan dan diagnosis fisik terhadap efek farmakologisnya.

Pengembangan farmasi dan farmakologi sangat diwarnai pemikiran Ibnu Masawayh. Salah satunya adalah praktik pencampuran aromatik atau ghaliyyah dalam proses pembuatan parfum dan terapi aromatik. Bahan dasar serta bahan parfum dalam ramuan obat herbal itu.

Bibliographical Entries

  • Sudewi, Sri dan Sri Mardikani Nugraha. (2017). Sejarah Farmasi Islam dan Hasil Karya Tokoh- Tokohnya. Jurnal Aqlam : Journal of Islam and Plurality. Vol. 02 No. 01.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Ibnu Zuhr“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Wednesday, April 17, 2024.