Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Ibnu Masawayh

Ibnu Masawayh

  • Version 1.0
  • Published Wednesday, April 17, 2024

Table of Contents

Ibnu Masawayh yang dikenal oleh orang barat dengan sebutan Mesue merupakan salah seorang dokter ternama pada abad ke-9 M. Nama aslinya adalah Abu Zakariyya Yuhanna Ibnu Masawayh yang memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di zamannya melalui penerjemahan karya-karya Yunani.

https://rianeta.files.wordpress.com/2016/03/7bfa2-yuhanna2bibnu2bmasawayh.jpg
?w=167&h=224

Ibnu Masawayh merupakan dokter istana yang bekerja di masa pemerintahan al-Rasyid sampai al-Mutawakkil. Ia memiliki posisi penting dan terhormat sebagai dokter istana.

Minat yang kuat terhadap sains Yunani telah mendorong dirinya melakukan pengkajian secara rutin dan mendalam mengenai terjemahan karya-karya ilmuwan Yunani.rempah-rempah dengan melalui proses tahapan penelitian.

Ibnu Masawayh merupakan tokoh ilmuwan yang produktif. Beberapa karyanya yang paling terkenal adalah kitab al-Mushajjar al-Kabir yang memuat daftar penyakit beserta metode pengobatannya, baik melalui obat maupun diet, serta jenis makanan terkait.

Ia mengatakan bahwa metode terbaik bagi dokter untuk melakukan penyembuhan penyakit sebaiknya dilakukan melalui makanan, bukan sebaliknya menggunakan obat-obatan. Metode diet merupakan penemuannya yang paling fenomenal sebagai metode penyembuhan tanpa obat. Ia pun memperoleh pengakuan dari para pasiennya sebagai dokter spesialis diet.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Ibnu Masawayh“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Wednesday, April 17, 2024.