Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Ibnu Albaythar

Ibnu Albaythar

  • Version 1.0
  • Published Wednesday, April 17, 2024

Table of Contents

Ibnu Albaythar ini adalah seorang  ilmuwan  muslim yang lahir pada tahun 1197 M. Ibnu Albaythar ini memiliki nama lengkap Abu Muhammad Abdallah Ibnu Ahmad Ibnu Al Baythar dan meninggal dunia pada tahun 1248 M.

Ibnu Albaythar ini semasa hidupnya sangat terkenal sebagai seorang yang ahli botani dan farmakologi. Selain itu Albaythar dijuluki sebagai “Kepala Ahli dalam Meramu Obat”. Ia mengumpulkan berbagai jenis tanaman sebagai dasar bahan untuk melakukan penelitian dan pengobatan.

https://3.bp.blogspot.com/-RZwzgTjwDgM/Ve4fn3p4a0I/AAAAAAAAAnU/eLfmY2zbLTI/s1600/ibnBbaytar.jpg

Karya ibnu albaythar ini tertulis dalam kitab Al Mughni fi al Adwiya’ al Mufradat ini membahas tentang jenis-jenis ramuan sederhana, yang memiliki 20 bagian dan susunannya ini dibuat sesuai dengan anggota tubuh yang harus didahulukan dalam proses menyembuhkan penyakit.

Selain itu, dalam buku ini juga Ia menjelaskan beberapa contoh ramuan obat yang tepat untuk setiap penyakit. Karya yang lain dalam buku “The Complete Book in Simple Medicaments and Nutritious Items” Ia membuat dan menjelaskan karya lain dari Ibnu Albaythar ini, Ia membuat buku yang berkaitan dengan judul Ramuan Sederhana dengan judul “Simplicia”.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Ibnu Albaythar“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Wednesday, April 17, 2024.