Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Genom

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Genom digambarkan sebagai tempat penyimpanan informasi suatu organisme, baik jutaan hingga milyaran DNA. Proses pemindahan dapat terjadi pada lintas generasi yang kemudian memberikan ciri khas pada setiap organisme.

Gen adalah segmen atau bagian dari molekul DNA sedangkan genom adalah keseluruhan DNA dalam sel. Jadi, ini adalah perbedaan utama antara gen dan  genom. Selain itu, pengkodean juga berkontribusi pada perbedaan antara gen dan genom. Kode gen digunakan untuk protein yang spesifik. Sedangkan genom tidak dapat mengkode protein yang spesifik karena mengandung hampir semua DNA. Selain itu, genom terdiri dari semua pasangan basa dalam sel sementara gen hanya terdiri dari beberapa pasangan basa karena hanya mewakili segmen DNA.

Lebih jauh lagi, gen dan genom memiliki perbedaan dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Studi tentang sifat-sifat gen disebut sebagai ‘genetika’ sedangkan studi tentang sifat-sifat genom disebut sebagai ‘genomik’. Selain itu, secara umum, suatu organisme memiliki satu genom, namun memiliki jutaan gen yang menyusunnya.

Bibliographical Entries

  • Goldman, A. D., & Landweber, L. F. (2016). What is a genome?. PLoS genetics, 12(7), e1006181.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Genom“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.