Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Genetika

Genetika

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Setiap manusia yang dilahirkan di dunia memiliki keunikan atau sifat khas masing- masing. Mungkin pernah terlintas dipikiran kita “Apa yang membuat sesorang unik atau berbeda?” dan mengapa anggota keluarga memiliki ciri khas yang hampir sama, serta mengapa beberapa penyakit seperti diabetes atau kanker diturunkan dalam keluarga, jawaban dari semua pertanyaan itu dapat di jawab dengan mempelajari genetika.

Genetika adalah cabang ilmu dari biologi yang berkembang cukup pesat dibanding cabang ilmu lainnya. Genetika pada awalnya merupakan ilmu yang membahas mengenai sifat atau gen yang diwariskan dari individu kepada keturunannya sehingga mengontrol berbagai sifat meliputi warna rambut, tinggi badan dan masih banyak lagi. Di jaman modern ini ilmu genetika telah dipelajari hingga tingkat molekuler, hal ini berkaitan dengan penemuan struktur DNA yang dilakukan oleh Watson dan Crick pada tahun 1953. Penemuan ini memulai revolusi genetika molekuler. DNA sendiri merupakan bahan genetik berisikan informasi yang menentukan pewarisan dalam bentuk  polipeptida- poplipeptida atau ikatan protein.

Bibliographical Entries

  • Yan, L., dan Beckman, R. A. (2005). Pharmacogenetics and pharmacogenomics in oncology therapeutic antibody development.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Genetika“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.