Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Farmakologi

Farmakologi

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Farmakologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu pharmakon. Pharmakon diartikan sebagai suatu bahan ajaib yang dapat menyembuhkan penyakit. Kemudian dengan berjalannya waktu, istilah pharmakon ini berubah arti menjadi “obat”.

Saat ini, farmakologi didefinisikan sebagai ilmu biomedik yang mempelajari tentang obat dan efeknya pada proses hidup. Ilmu farmakologi mempelajari interaksi antara bahan kimia dengan sel, jaringan ataupun organisme hidup yang dapat mengaktifkan atau menghambat aktivitas biologis dalam tubuh.

Fokus farmakologi terletak pada mekanisme obat dalam melawan penyakit. Secara populer, farmakologi dikenal sebagai ilmu tentang obat- obatan, termasuk bahan kimia yang   terkandung, komposisi, aksi biologis dan aplikasi terapeutiknya pada manusia dan hewan.

Farmakologi  adalah ilmu yang mempelajari zat yang berinteraksi dengan sistem kehidupan melalui serangkaian proses kimia, terutama aksinya dengan resptor sehingga mengaktifkan atau menghambat aktivitas biologis dalam tubuh.

Dalam farmakologi terbagi atas beberapa sub ilmu, antara lain farmakokinetika, farmakodinamida dan toksikologi.

Bibliographical Entries

  • Miles Hacker. (2009). History of pharmacology— from antiquity to the twentieth century. Academic Press. Chapter 1. Pages 1-7.
  • Brenner, G.M. (2013). Pharmacology fourth edition. Elsevier.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Farmakologi“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.