Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Farmakodinamika

Farmakodinamika

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 16, 2024

Saat kita sedang merasa tidak enak badan, kita seringkali mengambil sebuah obat untuk dikonsumsi. Beberapa saat setelah mengkonsumsi obat tersebut, badan kita terasa lebih baik. Sebenarnya apa yang obat tersebut lakukan kepada tubuh kita? Mengapa gejala-gejala yang mengganggu dapat hilang dengan meminum obat? Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan satu istilah yang disebut dengan ‘farmakodinamika’.

Ilmu farmakodinamika adalah salah satu cabang dalam ilmu farmakologi (ilmu tentang interaksi obat dengan tubuh) yang khusus membahas tentang bagaimana mekanisme suatu obat dalam tubuh sehingga dapat berefek. Farmakodinamika membahas tentang aksi molekul obat di dalam tubuh mulai dari ikatannya dengan reseptor hingga muncul efek, baik efek terapi (yang diinginkan) maupun efek toksik (yang tidak diinginkan). Di dalam farmakodinamika akan kita jumpai istilah-istilah yang tidak asing  lagi  dalam dunia biologi seluler serta sedikit istilah dalam aspek molekuler obat, seperti contoh: reseptor, target obat, konsentrasi obat, dan lain sebagainya.

Seorang farmasis, baik yang bekerja di bidang klinis maupun industri wajib memahami farmakodinamika obat. Karena dengan mempelajari ilmu farmakodinamika-lah dosis suatu obat ditentukan. Tujuannya adalah agar obat yang kita produksi atau yang akan kita berikan kepada pasien adalah obat yang berkhasiat dan tidak menimbulkan efek yang merugikan.

Bibliographical Entries

  • Katzung, Betram G. (2018). Basic & clinical pharmacology 14th edition. New York: McGraw- Hill.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Farmakodinamika“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 16, 2024.