Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Efek Samping Obat

Efek Samping Obat

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Ketika seseorang menggunakan obat, selain akan mendapatkan efek terapi ynag diharapkan, bisa juga akan mengalami efek yang tidak menyenangkan dan tidak diharapkan, seperti kepala menjadi pusing, mengalami sembelit, dan lainnya. Itu biasa disebut dengan efek samping obat.

Efek samping obat adalah efek yang tidak diharapkan yang muncul setelah penggunaan obat. Efek samping obat dapat muncul meskipun penggunaan obat sudah sesuai aturan pemakaian dan sesuai dosis yang dianjurkan. Biasanya munculnya efek samping obat ini bersifat individu, artinya tidak semua pasien yang mengonsumsi suatu obat, pasti akan mengalami efek samping; atau mengalami efek samping yang sama dengan orang lain.

Seorang yang akan menggunakan obat, harus tahu efek samping yang mungkin terjadi setelah ia menggunakan obat tersebut. Informasi itu dapat diketahui dari apoteker atau dengan membaca keterangan yang ada di kemasan obat. Dengan demikian, timbulnya efek samping itu bisa diwaspadai.

Selain mengetahui efek samping yang mungkin muncul, seseorang yang menggunakan obat juga harus mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan saat efek samping itu muncul. Apakah cukup diatasi sendiri dengan melakukan tindakan tertentu, ataukah harus berkomunikasi dengan apoteker atau langsung menuju ke dokter/tempat layanan kesehatan. Pengetahuan itu perlu diketahui supaya efek samping itu segera diatasi dan tidak menganggu aktivitas atau bahkan membahayakan hidup.

Munculnya efek samping dapat mempengaruhi kepatuhan seseorang dalam menggunakan obat.   Orang bisa jadi akan menghentikan penggunaan obat atau tidak mematuhi aturan pakai yang telah ditentukan, ketika merasakan sesuatu yang tidak nyaman saat menggunakan obat. Tentu ini bisa menyebabkan tidak tercapainya outcome yang diharapkan dari penggunaan obat tersebut. Oleh karena itu, apoteker harus secara aktif berkomunikasi dengan pasien terkait efek samping ini, sehingga pasien menjadi waspada dan mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan saat efek samping ini muncul. Demikian juga pasien juga harus aktif menanyakan tentang efek samping obat dan penanganannya kepada apoteker.

Bibliographical Entries

  • Direktorat Jendral Pengawasan Obat dan Makanan (2007). Kompedia obat bebas. Edisi 2. Cetakan Ketiga. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Efek Samping Obat“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.