Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Distribusi

Distribusi

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 23, 2024

Distribusi obat merupakan proses perpindahan obat secara reversibel dari satu lokasi ke lokasi lainnya di dalam tubuh. Proses ini  menghantarkan obat menuju sel target.

Kecepatan dan volume distribusi obat ke jaringan antara lain dipengaruhi oleh aliran darah  ke  jaringan,  massa jaringan dan kemampuan obat dalam melintasi membran. Untuk obat yang bersifat lipofilik, akan dapat melintasi membran dengan cepat meskipun kecepatan distribusinya dibatasi oleh aliran darah yang menuju jaringan target. Untuk obat yang mengalami ionisasi, tidak dapat langsung melewati membran plasma dan kecepatan distribusinya ke jaringan tergantung kepada kemampuan difusi obat.

Jaringan seperti di otak, hati maupun ginjal menerima aliran darah yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan tingginya konsentrasi obat di jaringan meskipun koefisien partisi jaringan terhadap obat tersebut rendah.

Jaringan dengan perfusi yang lambat menerima konsentrasi obat yang rendah meskipin koefisien partisi jaringan untuk obat tersebut sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa distribusi obat ke jaringan target dipengaruhi  oleh  koefisien partisi   jaringan   dimana   obat akan lebih terkumpul di jaringan dengan koefisien partisi jaringan realtif tinggi.

Bibliographical Entries

  • Kelly  J.  Dix, (2010).  Absorption, distribution and pharmacokinetics. Chapter 24 in  the  Handbook of Pesticide Toxicology  (Krieger,  R., Editor), 2nd edition, 2001., Editor(s):  Robert  Krieger, Hayes' Handbook of Pesticide Toxicology (Third Edition), Academic  Press,  2010,  Pages 923-939, ISBN 978012374367

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Distribusi“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 23, 2024.