Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Bakteri

Bakteri

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 25, 2024

Table of Contents

Bakteri berasal dari bahasa latin bacterium; jamak: bacteria, adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik). Hal ini menyebabkan organisme ini sangat sulit untuk dideteksi, terutama sebelum ditemukannya mikroskop.

Dinding sel bakteri sangat tipis dan elastis, terbentuk dari peptidoglikan (rantai polisakarida dan polipeptida yang saling terkait membentuk dinding bakteri). Fungsi dinding sel adalah memberi bentuk sel, memberi perlindungan dari lingkungan luar dan mengatur pertukaran zat-zat dari dan ke dalam.

Bakteri umumnya melakukan reproduksi secara aseksual (tidak kawin) dengan membelah diri. Pembelahan sel pada bakteri disebut pembelahan biner yaitu setiap sel membelah menjadi 2. Selama proses pembelahan, materi genetik (kromosom) juga menduplikasikan diri sehingga sel yang baru, masing-masing memiliki materi genetik yang sama. Bakteri membelah diri dalam waktu yang sangat singkat dan pada kondisi yang menguntungkan.

Bakteri adalah organisme yang paling banyak jumlahnya dan tersebar luas. Bakteri memiliki ratusan ribu spesies. Bakteri yang keberadaannya banyak sekali ini, memungkinkan untuk menjadi salah satu penyebab penyakit pada manusia. Bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia disebut bakteri pathogen, sedangkan bakteri yang tidak menyebabkan penyakit pada manusia disebut bakteri apatogen.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Bakteri“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 25, 2024.