Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Ayurveda

Ayurveda

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 16, 2024

Ayurveda merupakan salah satu sistem pengobatan alami tertua di dunia yang berasal dari India. Berusia sekitar 5000 tahun dan sering disebut sebagai “Ibu dari Segala Penyembuhan”. Arti harfiah Ayurveda adalah “Ilmu Kehidupan”. Pada bahasa Sansekerta, ayur = hidup, dan veda = sains atau pengetahuan. Kehidupan di sini tidak mengacu pada kehidupan individu, tetapi pada kehidupan seluruh alam semesta di mana individu tersebut adalah bagian darinya. Ayurveda memungkinkan individu untuk memahami tubuh, pikiran dan jiwa mereka pada tingkat terdalam. Ayurveda didasarkan pada prinsip menjaga keseimbangan antara hubungan yang saling terkait di dalam tubuh dan pikiran serta pemahaman holistik.

Ayurveda mengidentifikasi bahwa ada tiga jenis energi dasar dalam tubuh, terutama vata, pitta, dan kapha. Vata adalah energi gerakan. Vata mengontrol fungsi tubuh yang terkait dengan gerakan, termasuk sirkulasi darah, pernapasan, berkedip, gerakan otot dan jaringan, detak jantung dan gerakan sitoplasma dan membran sel. Pitta adalah energi pencernaan dan metabolisme. Pitta mengontrol sistem metabolisme tubuh, termasuk pencernaan, penyerapan, asimilasi, nutrisi, metabolisme dan suhu. Kapha adalah energi pelumasan dan struktur. Energi ini mengontrol pertumbuhan tubuh. Energi ini memasok air ke seluruh bagian tubuh, melembabkan kulit, melumasi sendi dan tulang, serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

Bibliographical Entries

  • Raj, S, Karthikeyan, S and Gothandam, KM. (2011). Ayurveda - A glance. Research in Plant Biology. Volume 1, Nomor 1: 1-14.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Ayurveda“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 16, 2024.