Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Ar-Razi

Ar-Razi

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 16, 2024

Iluwan muslim ini memiliki nama lengkap Abu Bakar Muhamad bin Zaariya ar Razi. Ar-Razi lahir di Provinsi Rayy pada tahun 854 M. dan meninggal dunia pada tahun 923 M.

Beberapa karya buku Ar-Razi selama hidupnya, Ia mengarang dan membuat beberapa buku ilmiah dimana buku ini terdiri dari 20 jilid, serta dalam buku ini banyak dianggap sebagai buku induk bagi ilmu kedokteran.

https://www.panjimas.com/wpcontent/uploads/2017/07/ar-razi.jpg

Selain itu ada hasil karya dari Ar-Razi yang menghasilkan beberapa rangkuman dari hasil eksperimen dan riset, yang telah dicatat, lalu dilakukan uji kebenarannya.

Hasil karya Ar-Razi dalam buku Al-Hawi ini, Ia mendapatkan berbagai fomulasi kimia hasil temuan Ibnu Hayyan yang menjadi dasar dari hasil analisis selama memperdalam beberapa hasil temuan di laboratorium.

Ar-Razi ini dianggap dapat menyempurnakan klasifikasi karya dari Ibnu Hayyan dengan membedakan beberapa zat yang ada secara alami dan diciptakan serta diujikan melalui pengembangan riset.

Pembuktian melalui riset dan eksperimen di laboratorium menjadi penekanan Ar-Razi dalam proses pengembangan ilmu pengetahuan. Ar-Razi juga memiliki peran dan kontribusi yang dalam bagi dunia dan ilmu farmasi, Ia sangat cekatan dalam membesarkan ilmu farmasi dengan cara menemukan ide bagaimana cara meramu dan meracik bahan-bahan kimia dan diteliti serta dikembangkan di laboratorium untuk menghasilkan obat-obatan.

Karya Ar-Razi dalam kitab Al Asrar, yaitu buku yang menjelaskan tentang beberapa obat-obatan yang ditemukan secara medis serta tata cara proses pencampurannya, Ar-Razi dalam kitab ini, juga turut menggambarkan dan menuliskan beberapa pengobatan dengan menggunakan jenis-jenis obat- obatan.

Bibliographical Entries

  • Sudewi, Sri dan Sri Mardikani Nugraha. (2017). Sejarah Farmasi Islam dan Hasil Karya Tokoh- Tokohnya. Jurnal Aqlam : Journal of Islam and Plurality. Vol. 02 No. 01.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Ar-Razi“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 16, 2024.