Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Analit

Analit

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 16, 2024

Analit adalah kandungan yang dianalisis, dapat berupa pengujian kualitatif untuk mengetahui ada tidaknya senyawa atau juga pengujian kuantitatif untuk mengetahui konsentrasinya. Pada analisis sampel untuk menentukan jumlah analit. Istilah menganalisis dan menentukan memiliki dua arti yang berbeda.

Sampel adalah bahan yang dianalisis untuk sebagian atau seluruh. konstituennya. Zat yang diukur disebut analit. Proses pengukuran analit disebut determinasi. Contohnya dalam menganalisis darah untuk kandungan klorida, serta menentukan konsentrasi klorida.

Konstituen dalam sampel dapat diklasifikasikan sebagai mayor (> 1% sampel), minor (0,1 hingga 1%), atau jejak (<0,1%). Beberapa bagian per miliar atau kurang dari suatu konstituen disebut juga dalam satuan ppm.

Bibliographical Entries

  • Hansen, S., Pedersen-Bjergaard, S., Rasmussen, K. 2012. Introduction To Pharmaceutical Chemical Analysis. West Sussex: John Wiley and Sons

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Analit“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 16, 2024.