Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Maliki Encyclopedia: Memperkaya akses pengetahuan di era digital

Proyek pengembangan Maliki Encyclopedia adalah sebuah proyek inovatif yang sedang dikembangkan oleh Pusat Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Ensiklopedi ini bertujuan untuk menyediakan akses pengetahuan seluas-luasnya kepada masyarakat global tentang kajian integrasi Islam dan sains yang telah dihasilkan oleh fakultas di lingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sumber referensi: Integrasi keilmuan sains & Islam

Pengembangan Maliki Encyclopedia memiliki keunggulan spesifik dari ensiklopedi lain yaitu fokus pengembangannya pada kurasi pengetahuan integrasi sains dan Islam yang dihasilkan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ensiklopedia ini akan membahas topik-topik yang relevan dengan perspektif ilmiah dan Islam secara bersamaan, membuka jalan bagi pemahaman yang holistik dan terintegrasi.

Ensiklopedia ini akan menjadi sumber rujukan yang penting bagi mahasiswa, dosen, peneliti, dan masyarakat global yang ingin memperoleh informasi yang terpercaya dan berkualitas tinggi, khususnya dalam bidang integrasi Islam dan sains.

Proyek awal pengembangan

Proyek membangun sistem ensiklopedi di mulai 6 April 2024. Tahap awal proyek, Maliki Encyclopedia akan memasukkan dua ensiklopedia karya fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan, yaitu “Ensiklopedi Kesehatan Haji” dari Program Studi Kedokteran dan “Ensiklopedia Ilmu Farmasi” dari Program Studi Farmasi. Tahap pertama ini direncanakan selesai pada Desember 2024.

Tahap kedua, rencana pengembangannya akan memasukkan bidang kajian islam, ilmu sosial, humaniora, sains dan teknologi. Dengan demikian, Maliki Encyclopedia akan mencakup beragam disiplin ilmu yang penting bagi pengembangan pengetahuan secara holistik.

3 Aspek kunci penerbitan

Aspek kunci yang menjadi perhatian dalam penerbitan ensiklopedia online akademis adalah alur kerja publikasi, model partisipasi, model tinjauan sejawat, dan masyarakat yang terlibat. Tim redaksi yang dibentuk terdiri dari ahli di berbagai bidang, termasuk pustakawan, yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menulis, dan mengedit artikel-artikel yang akan dimasukkan ke dalam ensiklopedi. Setiap artikel akan disusun dengan bahasa yang jelas dan ringkas, serta dilengkapi dengan referensi yang relevan.

Berbasis open source platform

Untuk pengembangan keberlanjutan dan kemudahan aksesnya, ensiklopedi ini menggunakan OES (Open Encyclopedia System) platform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh  Freie Universität Berlin  di bawah  Lisensi GPLv2, sebuah open source platform (sistem sumber terbuka) yang memungkinkan pembuatan, pemeliharaan, dan penerbitan ensiklopedia secara online yang berbiaya murah.

Dalam era digital yang terus berkembang, Maliki Encyclopedia akan dikembangkan menjadi platform yang inovatif dan fleksibel, dapat diakses melalui perangkat komputer, laptop, tablet, atau ponsel pintar. Pengguna dapat mengakses pengetahuan kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pelopor pertama di Indonesia

Maliki Encyclopedia merupakan upaya nyata Pusat Perpustakaan dalam meningkatkan akses pengetahuan yang dihasilkan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Proyek ini merupakan komitmen perpustakaan untuk terus meningkatkan kontribusinya pada pengembangan akademik, mendukung inisiatif riset, dan memperkuat reputasi universitas sebagai pusat keunggulan ilmiah dalam bidang integrasi Islam dan sains.

Dengan meluncurkan Maliki Encyclopedia, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akan terus menjadi pelopor pertama di Indonesia yang membangun dan mengembangkan ensiklopedi online yang memuat hasil-hasil kajian integrasi Islam dan sains. Proyek ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas dan berkelanjutan dalam memperkaya pemahaman tentang integrasi pengetahuan sains dan Islam secara holistik.