Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Obat Off Label

Obat Off Label

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 23, 2024

Istilah off label mungkin tidak terlalu familiar, namun sebenarnya obat golongan ini sering kita temui. Obat off label merupakan obat-obat yang penggunannya untuk indikasi yang tak lazim, yaitu indikasi baru dengan dosis, rute atau usia pasien yang berbeda dari informasi yang tercantum di brosur.

Gambar. Contoh sediaan prekursor.

Pengkategorian produk off label mengacu pada summary of product characteristic (SmPC), ditemukan beberapa jenis pemakaian yaitu:

1. Ketidaksesuaian dengan indikasi yang tertulis

2. Ketidaksesuaian dengan usia yang tertulis

3. Ketidaksesuaian dosis yang tertulis

4. Ketidak sesuaian dengan kelompok populasi yang tertulis

Meskipun banyak terjadi, penggunaan obat off label sangat berisiko dari segi keamanan. Selain karena sebagian besar penggunaannya baru secara empiris yang berdasarkan pengalaman para praktisi, belum ada data ilmiah yang menyajikan tentang khasiat dan keamanannya terhadap indikasi yang dimaksud. Hal ini tentu merugikan pasien karena dapat menimbulkan penyakit baru. Apoteker disini sebenarnya memiliki peran dalam mengurangi munculnya DRP (Drug Related Problem) pada pasien pada kasus obat off label ini  sehingga  dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

Bibliographical Entries

  • American Pharmacist Association. (2015). Drug information handbook 24 edition. Lexi-comp.
  • Zullies, Ikawati. (2018). Mengupas peran farmasis dalam penggunaan obat off label. SwipeRx–Ask the expert.app.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Obat Off Label“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 23, 2024.