Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Obat dan Kosmetika Halal

Obat dan Kosmetika Halal

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 30, 2024

Obat adalah bahan atau paduan bahan, termasuk produk biologi yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan dan kontrasepsi, untuk manusia. Sedangkan kosmetika adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut,  kuku, bibir, dan organ genital bagian luar), atau gigi dan membran mukosa mulut, terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, dan/atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Obat dan kosmetika dibuat dari campuran beberapa bahan seperti bahan aktif dan bahan eksipien.   Sumber bahan aktif dan bahan eksipien untuk pembuatan obat dan kosmetika dapat berasal dari hewan, tumbuhan, mineral, dibuat secara sintesis kimia, dari bagian tubuh manusia dan produk mikrobiologi. Oleh sebab itu, kontaminasi bahan non halal pada proses pembuatan obat dan kosmetika sangat mungkin terjadi.

Obat halal dan kosmetika halal adalah obat dan kosmteika yang dibuat dari campuran bahan yang tidak berasal dari bahan yang haram atau najis dan pada saat pembuatannya tidak terjadi kontaminasi bahan haram atau najis. Hukum penggunaan obat diqiyaskan dengan hukum mengkonsumsi makanan karena penggunaan obat paling banyak adalah secara oral.

Bibliographical Entries

  • Priangani R., Anna. (2015). Buku saku halal. Replubika Penerbit. Jakarta.
  • MUI. (2014). Compilation of MUI fatwa on foods, drugs, cosmetics, science and technology. MUI. Jakarta.
  • Wasito, Hendri dan Diar Herawati E. (2008). Etika farmasi dalam Islam. Graha Ilmu. Yogyakarta.
  • Rohman, Abdul. (2012). Pengembangan dan analisis produk halal. LPPT UGM. Yogyakarta.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Obat dan Kosmetika Halal“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 30, 2024.