Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Konseling

Konseling

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Konseling merupakan kegiatan pemberian nasihat, informasi, dan saran dari Apoteker terkait terapi kepada pasien dan/ atau keluarganya. Konseling bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan antara pasien dan Apoteker, menunjukkan kepedulian Apoteker terhadap prosedur terapi yang dijalani oleh pasien, memberikan bantuan kepada pasien dalam memahami pengobatannya sehingga dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam menggunakan obat dan meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam penggunaan obat.

Kriteria pasien yang perlu diberikan konseling untuk mendampingi pengobatannya yang pertama adalah pasien dengan kondisi khusus (pasien anak-anak, lansia, ibu hamil, ibu menyusui dan pasien yang memiliki gangguan fungsi ginjal). Kriteria kedua adalah pasien yang mendapatkan obat dengan jangka terapi yang lama/ pasien dengan penyakit kronis (pasien dengan penyakit tubberkulosis, kencing manis, darah tinggi), kriteria ketiga adalah pasien yang menggunakan obat-obat dengan instruksi khusus misalnya adalah obat inhaler untuk pasien asma, atau penggunaan injeksi insulin untuk pasien kencing manis. Kriteria keempat adalah pasien yang menggunakan obat dengan rentang dosis terapi yang sempit seperti digoxin, fenitoin. Kriteria kelima adalah pasien yang mendapatkan banyak obat dan memiliki riwayat kepatuhan yang rendah.

Bibliographical Entries

  • Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 72 tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit.
  • Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan nomor 73 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta: Departemen Kesehatan
  • Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 74. Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Tahun 2016.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Konseling“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.