Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Glikosida

Glikosida

  • Version 1.0
  • Published Wednesday, April 24, 2024

Table of Contents

Glikosida merupakan senyawa bahan alam (natural product) yang strukturnya tersusun dari molekul gula yang berikatan dengan molekul bukan-gula. Molekul bukan-gula tersebut dinamakan aglikon. Aglikon memiliki rumus molekul yang  sangat beragam mulai dari turunan fenol sederhana sampai ke kelompok triterpene.

Ikatan antara molekul gula dengan molekul non-gula disebut ikatan glikosidik. Ikatan antara molekul gula dengan molekul non-gula (ikatan glikosidik) terbagi menjadi 2, yang digunakan sebagai penggolongan dasar glikosida:

  1. C-Glikosida. Gula melekat pada aglikon melalui ikatan karbon-karbon.
  2. O-Glikosida. Gula   melekat   pada   aglikon melalui ikatan oksigen-karbon.

Sifat umum glikosida:

  1. Secara umum glikosida mudah larut dalam pelarut polar seperti air dan alkohol.
  2. Glikosida relatif mudah mengalami hidrolisis baik oleh enzim glikosidase yang terdapat dalam tumbuhan maupun oleh asam ataupun basa.

Glikosida digolongkan sesuai dengan jenis aglikon-nya. Penggolongan  aglikon mengikuti golongan senyawa- senyawa fitokimia seperti: golongan polifenol, golongan terpen, golongan alkaloid dan lain-lain.

  1. Glikosida Senyawa Fenolik
  2. Glikosida Saponin
  3. Glikosida Sianogenik
  4. Glikosida Isotiosianat
  5. Glikosida Golongan Lainnya

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Glikosida“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Wednesday, April 24, 2024.