Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Jinten Hitam

Jinten Hitam

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Diriwayatkan dalam Shahih Al Bukhari dan Muslim dari Hadits Abu Salamah, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW Bersabda: Hendaknya kalian mengkonsumsi Jinten Hitam. Karena Jinten Hitam mengandung obat untuk segala jenis penyakit, kecuali As-Saam (Kematian).

Jinten Hitam atau yang biasa dikenal dengan sebutan Habbatussauda’ tidak selalu dipergunakan secara resmi sebagai obat tunggal untuk segala jenis penyakit, tetapi terkadang diramu dengan jenis bahan lainnya. Boleh dihaluskan terlebih dahulu atau tidak dihaluskan lagi. Bisa juga langsung dimakan, dibuat minuman, dihirup minyaknya melalui hidung, atau dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit atau dengan cara yang lain.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan khasiat habbatussauda’ antara lain:

  1. Dapat menghilangkan perut kembung, melancarkan pembuangan gas dan mengeringkan kelembapan lambung. Cara minumnya: Cukup direndam dengan air panas dan dicampur madu cara ini dapat menghancurkan batu ginjal dan melancarkan darah saat haid.
  2. Dapat mengobati flu/pilek
  3. Jika diambil 7 butir habbatussauda’, lalu direndam dalam ASI, dapat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kuning yang diderita oleh bayi.
  4. Dapat mengobati sesak nafas, dan menghilangkan pusing dikepala.

Bibliographical Entries

  • Al Jauziyah Ibnu Qayyim. (2015). Metode pengobatan nabi. Jakarta: Griya Ilmu.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Jinten Hitam“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.