Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Linieritas

Linieritas

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 25, 2024

Kemampuan suatu metode untuk menunjukkan hubungan secara langsung atau proporsional antara respons detektor dengan perubahan konsentrasi analit. Sebuah studi linieritas memverifikasi bahwa respon berbanding lurus dengan analit konsentrasi dalam kisaran konsentrasi larutan sampel. Studi seharusnya dilakukan dengan menggunakan larutan standar pada lima tingkat konsentrasi, dalam kisaran 50 hingga 150% dari konsentrasi analit target. Lima tingkat konsentrasi harus memungkinkan deteksi kelengkungan pada kurva kalibrasi. Setiap standar harus diukur setidaknya tiga kali.

Linieritas dapat diukur dengan melakukan pengukuran tunggal pada konsentrasi yang berbeda-beda. Data yang diperoleh selanjutnya diproses dengan metode kuadrat terkecil, untuk dapat ditentukan nilai kemiringan (slope), intersep, dan koefisien korelasinya.

Linieritas dapat dilihat melalui kurva kalibrasi yang menunjukkan hubungan antara respon dengan konsentrasi analit pada beberapa seri larutan baku. Dari kurva kalibrasi ini kemudian akan ditemukan regresi linearnya yang berupa persamaan y=bx+a, dimana x adalah konsentrasi, y adalah respon, a adalah intersep y yang sebenarnya dan b adalah slope yang sebenarnya. Data linieritas sering dinilai dari koefisien determinasi (r2) dan perpotongan y dari garis regresi linier. Nilai r2> 0,998 dianggap sebagai bukti kecocokan data yang dapat diterima ke garis regresi. Titik potong y harus a persentase kecil dari konsentrasi target analit, misalnya <2%. Nilai linearitas pada suatu rentang yang tidak terlalu lebar dapat juga berdasarkan nilai koefisien korelasi (r). Nilai tersebut menenujukkan keterkaitan antara dua variabel pada angka yang mendekati 1 atau diatas 0.999.

Bibliographical Entries

  • Christian, G.D., Dasgupta, P.K.S., Schug, K.A. (2014). Analytical chemistry. 7th  Ed. New York: John Wiley and Sons.
  • Gandjar, Ibnu Gholib., Rohman, Abdul. (2014). Kimia farmasi analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Yuwono, M., Indrayanto, G. (2005). Validation of chromatographic methods of analysis. In H. G. Brittain (Ed.), Profiles of drug substances, excipients and related methodology (pp. 241-260).

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Linieritas“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 25, 2024.