Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Imunologi

Imunologi

  • Version 1.0
  • Published Wednesday, April 17, 2024

Berbicara tentang obat, tidak lengkap rasanya apabila tidak berbicara tentang penyakit. Timbulnya suatu penyakit erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu, seorang farmasis wajib dibekali dengan ilmu tentang sistem kekebalan tubuh manusia, yakni imunologi.

Imunologi adalah studi tentang segala aspek yang berkaitan dengan sistem pertahanan tubuh inang terhadap serangan infeksi serta respon berlebihan sistem kekebalan yang dapat merugikan inang itu sendiri. Secara terminologi, imunologi itu sendiri berasal dari kata immunos/immunitas dan logos.

Logos dalam bahasa Latin dapat berarti ilmu, sedangkan istilah immunitas dari sejarahnya berarti perlindungan dari tuntutan hukum yang ditawarkan kepada para anggota senator Romawi pada masa jabatannya saat itu. Berakar dari istilah tersebut, imunitas/ kekebalan dalam imunologi diartikan sebagai perlindungan tubuh dari penyakit khususnya penyakit-penyakit infeksius.

Imunologi membahas berbagai hal tentang respon imun, organ-organ yang berperan dalam sistem imun, sel-sel yang berperan menjalankan fungsi sistem imun, interaksi antigen dan antibodi, penyakit-penyakit berkaitan dengan kelainan sistem imun, serta pada akhirnya bermuara pada produk-produk farmasetis yang berfungsi untuk memperkuat sistem imun manusia, yakni vaksin.

Bibliographical Entries

  • Abbas AK, Lichtman AH & Pillai S (2012). Cellular and Molecular Immunology 7th Edition. Philadelphia: Elsevier Saunders

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Imunologi“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Wednesday, April 17, 2024.