Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Ibnu Sina

Ibnu Sina

  • Version 1.0
  • Published Wednesday, April 17, 2024

Table of Contents

Ibnu Sina ini merupakan ilmuwan muslim dunia yang memiliki nama lengkap Abu Ali Husain bin Abdullah bin Sina yang biasa dikenal dengan Avicenna lahir tahun 980 M di Afsanah dan meninggal dunia tahun 1037 M.

https://islamreformis.files.wordpress.com/2015/05/dmvz3m1.jpg?w=660

Karya Ibnu Sina di bidang kedokteran dan farmasi yaitu prinsip umum kedokteran, pengobatan dengan obat-obatan yang sederhana, gangguan-gangguan organ dalam dan luar tubuh serta beragam penyakit yang mempengaruhi tubuh secara umum tidak terbatas pada satu organ tubuh, serta obat- obat persenyawaan kompleks.

Dalam buku The Canon of Medicine bahwa ada tiga aturan dalam memilih obat-obatan, yakni Seleksi sesuai kualitas, baik panas, dingin, lembab, kering; pemilihan jumlah yang akan diberikan (dosis).

Selain itu, karya Ibnu Sina dituangkan dalam kitab al Qanun fi Tibb, Ia memberikan panduan penting tentang aspek farmasi dan mendeskripsikan secara rinci beberapa tumbuhan, hewan, dan tambang yang dapat menghasilkan obat. Prinsip dasar dari resep obat-obatan ini harus simpel kemudian terbebas dari zat yang berbahaya serta dipastikan kualitasnya, dan dilakukan tes terhadap dua jenis penyakit.

Hal ini dikarenakan untuk dapat terhindar dari berbagai macam efek samping. Serta dalam pemberian dosis yang tepat dan masa kadaluarsa diperhatikan dengan teliti dan saksama.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Ibnu Sina“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Wednesday, April 17, 2024.