Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Bioavailabilitas

Bioavailabilitas

Pada dasarnya, suatu obat harus dapat mencapai targetnya (dapat berupa organ, jaringan, atau reseptor pada sel) dalam jumlah yang mencukupi agar dia dapat memberikan efek terapi. Oleh karena itu, diperlukan suatu parameter yang dapat menggambarkan bagaimana suatu obat tersebut dapat mencapai targetnya dengan jumlah yang optimal. Parameter yang dapat menggambarkan ketersediaan obat di dalam target aksinya adalah bioavailabilitas.

Bioavailabilitas didefinisikan sebagai suatu ukuran laju dan jumlah zat aktif obat yang berhasil mencapai target aksinya sesaat setelah ‘pecah’ dari bentuk sediaannya. Secara umum obat diberikan dengan tujuan agar dapat diedarkan oleh sirkulasi darah menuju tempat aksinya, sehingga dapat diartikan pula bahwa bioavailabilitas menggambarkan jumlah zat aktif obat yang akan tersedia di lokasi aksi apabila diberikan dengan jumlah dosis tertentu.

Studi bioavailabilitas penting dilakukan terutama untuk kandidat obat sebelum dapat diluluskan sebagai gambaran khasiat dan keamanan obat.

Bibliographical Entries

  • Shargel, L., Yu, A. B. C. (2016). Applied biopharmaceutics and pharmacokinetics. 7th edn, Mc Graw Hill Education.
  • Price   G,   Patel   DA. (2020).   Drug bioavailability. In:  StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2020 Jan. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557852/

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Bioavailabilitas“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang,