Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Buah Kurma

Buah Kurma

  • Version 1.0
  • Published Saturday, April 20, 2024

Ringkasan

Buah kurma adalah buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup melimpah. Tidak hanya itu buah kurma memiliki kandungan zat gizi yang baik untuk kesehatan. Sehingga saat disarankan buah kurma dibawa sebagai bekal selama kegiatan haji.

Buah kurma, merupakan salah satu buah yang tidak  lepas dari kegiatan ibadah haji. Buah Kurma dikenal sebagai buah yang melimpah di tanah suci, buah yang selalu dibawa bekal selama kegiatan haji dan buah sebagai oleh-oleh pulang ke tanah air. Buah ini telah lama dikenal dan merupakan salah satu buah yang paling penting di wilayah Arab, Afrika Utara, dan Timur Tengah selain itu juga dibudidayakan dan dikonsumsi di beberapa bagian negara Amerika Serikat, yaitu di Californaia Selatan, Arizona dan Texas 1Megbo BC, Meshack SA, Dio DW (2017) 2Rahmawati A, Silviana Y, Of L, Profession M, Program S, Of S, et al (2019).

Manfaat buah kurma saat berhaji Padatnya kegiatan haji dan kondisi wilayah , budaya yang berbeda dengan Indonesia, tubuh diperlukam banyak adaptasi saat di tanah suci. Salah satu penyakit yang sering terjadi disana adalah adanya gangguan gastrointestinal yang berhubungan erat dengan makanan. Kurma sebagai buah yang mengandung tinggi karbohidrat memiliki manfaat untuk menunda lapar dan menyumbang energi untuk kegiatan. Kementerian Agama menyarankan untuk berbekal kurma saat beribadah terutama di Armina. Penyakit lainnya yang sering dijumpai saat haji adalah diare. Penyebab terbanyak diare karena keracunan makanan dan maka makanan yang dijual di jalanan 3Amit Kumar Mandal (2006). Penelitian oleh Megbo, dkk, membuktikan bahwa kurma dapat digunakan sebagai agen antidiare karena kandungan fitokimianya yaitu saponin, tannin, flavonoid dan alkaloid 4Megbo BC, Meshack SA, Dio DW (2017).
.

Notes

  • 1
    Megbo BC, Meshack SA, Dio DW (2017)
  • 2
    Rahmawati A, Silviana Y, Of L, Profession M, Program S, Of S, et al (2019).
  • 3
    Amit Kumar Mandal (2006).
  • 4
    Megbo BC, Meshack SA, Dio DW (2017)

Bibliographical Entries

  • Amit Kumar Mandal , Paulami Dam , Octavio L. Franco , Hanen Sellami , Sukhendu Mandal, Gulten Can Sezgin , Kinkar Biswas , Partha Sarathi Nandi IO. (2006). Health Risks at the Hajj. Lancet. 367:1008–15.
  • Eid N, Enani S, Walton G, Corona G, Costabile A, Gibson G, et al. Journal of nutritional science. J Nutr Sci. 2014;3(22):1–9.
  • Rahmawati A, Silviana Y, Of L, Profession M, Program S, Of S, et al. Pengaruh Konsumsi Kurma ( Phoenix Dactylifera ) terhadap Kenaikan Kadar Hemoglobin : A Review. J Kebidanan. 2019;97–102.
  • Megbo BC, Meshack SA, Dio DW. PHOENIX DACTYLIFERA FRUIT : A NUTRACEUTICAL AGENT IN THE TREATMENT OF DIARRHEA. J Med PharmSci. 2017;2(3):25–7.

Citation

Larasati Sekar Kinasih: „Buah Kurma“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Saturday, April 20, 2024.