Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Era Obat Alami dan Isolasi Bahan Aktif

Era Obat Alami dan Isolasi Bahan Aktif

  • Version 1.0
  • Published Saturday, April 27, 2024

Table of Contents

Dari awal perkembangan obat hingga akhir abad 19, obat adalah produk organik atau anorganik dari tumbuhan yang dikeringkan atau yang masih segar. Selain dari tumbuhan, obat juga dapat berasal dari hewan dan mineral yang memiliki khasiat atau aktif dalam penyembuhan penyakit akan tetapi juga dapat memberikan efek toksik apabila dosisnya terlalu tinggi dari kondisi penyakit pada penderita. Untuk menjamin ketersediaan bahan agar tidak dipengaruhi musim, bahan obat dari bahan alami diawetkan dengan cara dikeringkan.

Dosis tumbuhan kering pada terapi pengobatan ternyata sangat bervariasi yang disebabkan karena beberapa faktor seperti sumber atau asal bahan diambil, masa panen untuk pengeringan bahan, kondisi dan lama penyimpanan bahan. Oleh sebab itu, F.W. Sertuemer (1783-1841) mempelopori  isolasi  zat  aktif dan memurnikannya (1804).

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Era Obat Alami dan Isolasi Bahan Aktif“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Saturday, April 27, 2024.