Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Contributor Lailia Nur Rachma

Lailia Nur Rachma

Published Articles

Atasi Alergi Saat Berhaji
Related Articles
PublishedMonday, May 6, 2024
Excerpt

Beribadah haji dengan tenang dan tanpa masalah merupakan impian siapapun yang akan melaksanakan ibadah haji. Tidak terkecuali  bagi yang memiliki bakat alergi. Kita tahu bahwa masalah alergi dapat timbul kapan saja dan dimana saja. Jika memiliki masalah dengan alergi, bepergian dapat memicu terjadinya  alergi. Bakat alergi dapat menyebabkan masalah yang parah karena berbagai alergen yang akan ditemui. Tentunya, tidak ingin  ha! ini terjadi saat di tanah suci dan kemudian menggagu kekhusyukan ibadah. 

Version1.0
Peningkatan Kekebalan di Tengah Pandemi
PublishedWednesday, April 24, 2024
Excerpt

Haji merupakan suatu perjalanan ziarah ke tanah suci Mekah dan beberapa situs suci dalam satu rangkaian kegiatan yang sangat padat. Selama ritual perjalanan tersebut, terjadi perpindahan manusia secara massal dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini sering menyebabkan “kemacetan” manusia yang selalu terjadi di setiap musim haji. Pergerakan jama’ah haji dan “kemacetan” tersebut memiliki implikasi semakin mudahnya penyebaran penyakit menular. Ditambah dengan iklim dan suhu di jazirah arab yang cenderung ekstrim (sangat panas di pagi hari dan sangat dingin di malam hari), yang semakin memudahkan terjangkitnya jemaah haji dengan penyakit infeksi akibat menurunnya kekebalan tubuh. Beberapa upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama ibadah haji.

Version1.0
Pentingnya Vaksinasi Sebelum Berhaji
PublishedThursday, May 23, 2024
Excerpt

Bepergian ke luar negeri termasuk disini ke tanah suci, dapat membuat kita terpapar penyakit yang tidak kita temui di Indonesia. Dan dalam beberapa kasus yang berat, penyakit infeksi yang terjadi bisa berakibat fatal. Beberapa public figure di dalam negeri pernah mengalami hal tersebut seperti penyakit meningitis hingga jatuh pada keadaan koma akibat kelalaian dalam vaksinasi. Wanita hamil, bayi dan anak kecil, orang tua serta orang dengan sistem kekebalan yang lemah (karena kondisi medis atau obat obatan tertentu) sangat berisiko terkena infeksi saat bepergian. Sedangkan jemaah haji asal Indonesia banyak berusia lanjut, yang termasuk kelompok rentan. Tidak sedikit keluarga di Indonesia menolak untuk vaksinasi sebelum berangkat haji, padahal vaksinasi ini sangat penting untuk melindungi mereka dari penyakit yang berbahaya.

Version1.0

Articles in other language: