Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Hubungan Struktur-Aktifitas

Hubungan Struktur-Aktifitas

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Obat dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu struktural spesifik dan struktural non spesifik. Obat dengan structural spesifik bekerja pada target spesifik seperti reseptor atau enzim. Perubahan kecil pada struktur kimianya dapat berimbas besar pada aktivitas dan potensi obat tersebut. Molekul dengan aktivitas biologis yang sama cenderung memiliki struktur kimia yang serupa.

Obat structural non spesifik tidak memiliki target spesifik dan biasanya memiliki potensi cukup rendah. Aktivitas biologis yang serupa dapat terjadi pada molekul obat dengan struktur molekul yang berbeda. Contohnya gas anestesi, sedatif, dan antiseptic.

Sebagian besar obat merupakan obat structural spesifik, sehingga obat dengan aktivitas biologis serupa juga memiliki struktur kimia yang serupa. Hal ini menjadikan dasar dari pendekatan hubungan struktur dengan aktivitas atau potensi suatu obat. Pendekatan ini menafsirkan bentuk struktur suatu obat menjadi suatu informasi baru tentang potensi obat.

Dari sini dapat divisualisasikan perbandingan lurus antara struktur dan aktivitas obat. Cara paling umum yang dilakukan dalam pendekatan hubungan-struktur aktivitas adalah dengan menggunakan konsep lanskap aktivitas. Konsep lanskap ativitas adalah respresentasi grafis dari apapun yang berhubungan dengan kemiripan structural dan potensi aktivitas tertentu.

Dalam konsep lanskap aktivitas, terdapat dua istilah, yaitu kontinuitas dan diskontinuitas. Kontinuitas terjadi apabila dilakukan perubahan struktural secara bertahap, menghasilkan perubahan potensi secara sedang. Data ini dapat digunakan untuk melakukan prediksi potensi. Selanjutnya, diskontinuitas terjadi apabila perubahan sedikit pada struktur berakibat pada potensi yang sangat berbeda. Contohnya, buruknya aktivitas obat pada penambahan gugus metil pada molekul aktif obat.

Bibliographical Entries

  • Silverman, Richard B. (2014). The organic chemistry of drug design and drug action. San Diego: Acad Press.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Hubungan Struktur-Aktifitas“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.