Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Gen

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Pada saat kita melihat atau berusaha mencari kemiripan kita dengan orang tua. Kita akan melihat mungkin beberapa kemiripan dari aspek tampilan fisik misalnya bentuk muka, mata, hidung, bibir serta warna rambut dengan orang tua kita. Hal ini bisa terjadi karena orang tua mewariskan hal tersebut kepada   anaknya melalui gen yang dimiliki oleh orang tua kita.

Sekarang kita mungkin akan bertanya apa yang dimaksud dengan gen. Unit fisik atau fungsional dasar yang diturunkan oleh orang tua kepada anaknya disebut dengan Gen yang terdiri dari DNA.

Bagaimana proses gen dapat membawa informasi genetik untuk diwariskan ke kita. Jadi, gen terdiri dari DNA yang berperan dalam memberikan informasi untuk membuat molekul penyusun tubuh yang disebut dengan protein. Informasi yang diberikan misalnya warna rambut yang ditentukan oleh gen dan seringkali dipengaruhi lebih dari satu gen. Pada manusia sendiri ukuran gen bervariasi dimulai dari beberapa ratus baris DNA hingga lebih dari dua juta baris.

Bibliographical Entries

  • Baktir, A. (2017). DNA struktur dan fungsi. Airlangga University Press.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Gen“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.