Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Masalah Kesehatan di Penerbangan : Trombosis Vena Dalam

Masalah Kesehatan di Penerbangan : Trombosis Vena Dalam

  • Version 1.0
  • Published Thursday, April 18, 2024

Ringkasan


Salah satu risiko kesehatan yang disebabkan oleh penggumpalan darah saat orang melakukan perjalanan jauh adalah terjadi trombosis vena dalam. Jemaah haji rentan mengalami kondisi ini. Oleh karena itu, diharapkan dapat mencegah hal ini terjadi agar pada saat sampai di tanah suci agar kegiatan haji dapat berjalan dengan lancar.

Tromosis Vena Dalam


Trombosis vena dalam atau deep vein thrombosis (DVT) merupakan salah satu risiko kesehatan yang disebabkan oleh penggumpalan darah saat orang melakukan perjalanan jauh. Penyakit ini sering terjadi pada orang melakukan penerbangan jarak jauh 1RW, Permana (2020).

Penyebab utama trombosis vena belum jelas, tetapi ada tiga kelompok faktor pendukung yang dianggap berperan penting dalam pembentukannya yang dikenal sebagai TRIAS VIRCHOW yaitu abnormalitas aliran darah, dinding pembuluh darah dan komponen faktor koagulasi 2Mayo Clinic (2018). Trombosis Vena Dalam terjadi ketika terbentuk gumpalan darah di dalam vena dalam, biasanya di tungkai atau panggul. Ini bukan vena superfisial yang dapat terlihat di bawah kulit, seperti halnya dengan varises. Vena dalam lebih besar dan terletak di dalam otot. Thrombosis vena dalam biasanya disebabkan oleh kondisi atau faktor risiko yang menyebabkan sirkulasi darah yang buruk, pembekuan darah yang cepat, atau pembengkakan lapisan vena dalam 3Venous Institute of Buffalo (2020).

Pembuluh darah vena yang terletak di bagian tengah kaki dikelilingi oleh otot-otot kuat yang berkontraksi dan memaksa darah terdeoksigenasi (tidak mengandung oksigen) kembali ke paru-paru dan jantung. Katup satu arah mencegah aliran balik darah di antara kontraksi. (darah diperas ke kaki melawan gravitasi dan katup mencegahnya mengalir kembali ke kaki). Ketika sirkulasi darah melambat karena penyakit, cedera atau tidak aktif, darah dapat menumpuk atau “menggenang” yang memudahkan untuk pembentukan gumpalan 4IASA (2020).

Mekanisme Trombosis Vena Dalam 5Diagnostic and Interventional Cardiology (2014)

Gejala Trombosis vena dalam :

  1. Pembengkakan tungkai 1 sisi
  2. Perubahan warna pada kulit menjadi kemerahan (eritema)
  3. Teraba hangat
  4. Rasa nyeri dan kesemutan 6D, Scarvelis., PS, Wells (2006)

Trombosis vena dalam
Sumber : healthengine.com.au

Cara mencegah Trombosis vena dalam :

Karena penyebab utamanya adalah keadaan tidak bergerak, maka banyak yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko. Beberapa hal yang disarankan antara lain:

  1. Apabila memungkinkan dapat berjalan-jalan di sekitar kabin setiap 2-3 jam sekali apabila keadaan aman untuk mengurangi keadaan tidak bergerak dalam waktu yang lama.
  2. Menggerakkan tungkai dan kaki selama 3 atau 4 menit setiap jamnya saat duduk di kursi untuk melancarkan pompa otot dan menghindari stasis.

Gerak peregangan selama di pesawat
Sumber : fortyfiveplus.club

3. Menggunakan pakaian yang longgar sekitar badan dan paha bagian atas.

4. Jangan meletakkan tas tangan di tempat yang dapat menghambat gerakan tungkai dan kaki.

5. Bagi individu yang berisiko terjadinya thrombosis vena dalam sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai langkah-langkah pencegahan seperti mengkonsumsi aspirin dosis rendah, memakai stoking anti-embolisme.

6. Konsumsi air yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

7. Batasi konsumsi kopi, teh, dan alkohol karena bersifat diuretik dan dapat menyebabkan dehidrasi 7Venous Institute of Buffalo (2020).

Cara melakukan olahraga ketika di dalam pesawat :

  1. Duduk dengan nyaman dengan posisi tegak di kursi.
  2. Istirahatkan kedua kaki di lantai. Lemaskan kedua telapak kaki – regangkan jari kaki ke atas, kemudian ke bawah – ulangi secukupnya hingga nyaman.
  3. Bungkukkan tubuh bagian atas ke depan dan genggam lutut dengan kedua tangan. Angkat lutut secara perlahan menuju dada selama beberapa detik dan lepaskan hingga kaki menyentuh lantai. Lanjutkan dengan kaki yang lain dan ulangi 5 kali untuk setiap kaki.
  4. Letakkan tangan di bawah satu paha dan angkat perlahan menuju dada. Kemudian putar pergelangan kaki selama 5 detik sebelum meletakkan kaki kembali ke bawah. Lanjutkan dengan kaki yang lain dan ulangi 5 kali untuk setiap kaki8 Catchay Pacific (2020).

Notes

  • 1
    RW, Permana (2020)
  • 2
    Mayo Clinic (2018)
  • 3
    Venous Institute of Buffalo (2020)
  • 4
    IASA (2020)
  • 5
    Diagnostic and Interventional Cardiology (2014)
  • 6
    D, Scarvelis., PS, Wells (2006)
  • 7
    Venous Institute of Buffalo (2020)
  • 8
    Catchay Pacific (2020)

Bibliographical Entries

  • Health Engine. (2004).  Deep vein thrombosis (DVT). Available from: https://healthengine.com.au/info/deep-vein-thrombosis-dvt#Symptoms. [cited 2020 Nov 20].
  • Venous Institute of Buffalo. (2020). Deep vein thrombosis and superficial phlebitis [Internet]. Available  from: http://www.venousinstitute.com/deep-venous-thrombosis-andsuperficial-phlebitis/. [cited 2020 Nov 20].
  • IASA. (2020). Deep vein thrombosis overview interventional radiology clot busting treatment prevents permanent leg damage. Available  from: http://www.iasa.com.au/folders/Safety_Issues/Cabin_Safety/bloodclotted.html. [cited 2020 Nov 20].
  • Scarvelis D, Wells PS. (2006). Diagnosis and treatment of deep-vein thrombosis. CMAJ.
  • Forty five plus. In-flight exercises to prevent deep vein thrombosis -DVT [Internet]. Available from: http://fortyfiveplus.club/inflight-exercises-to-prevent-deep-vein-thrombosis-dvt. [cited 2020 Nov 20].
  • Permana RW. (2020). Lakukan penerbangan panjang bisa buat seseorang berisiko alami penggumpalan darah [Internet]. Merdeka.com [cited 2020 Nov 20]. Available from: https://www.merdeka.com/sehat/lakukan-penerbangan-panjang-bisa-buat-seseorang-berisiko-alami-penggumpalandarah.html  
  • Mayo Clinic. (2018). Deep vein thrombosis (DVT). Available  from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/deep-vein-thrombosis/symptoms-causes/syc-20352557. [cited 2020 Nov 19].
  • Diagnostic and Interventional Cardiology. (2014). Society of interventional radiology: understand long-term risks of DVT. Available from: https://www.dicardiology.com/article/societyinterventional-radiology-understand-long-term-risks-dvt. [cited 2020 Nov 20].  
  • Cathay Pacific. Trombosis vena dalam [Internet]. Available  from: https://www.cathaypacific.com/cx/id_ID/prepare-trip/travel-and-health/dvt-and-in-flight-exercise.html. [cited 2020 Nov 20].

Citation

Avin Ainur Fitrianingsih: „Masalah Kesehatan di Penerbangan : Trombosis Vena Dalam“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Thursday, April 18, 2024.