Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Analisis Farmasi

Analisis Farmasi

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 16, 2024

Analisis farmasi atau juga disebuat analisis kimia farmasi adalah ilmu pembelajaran untuk mengidentifikasi atau mengukur satu atau lebih zat dalam sampel tertentu yang berkaitan dengan sediaan farmasi. Dalam analisis farmasi, zat atau zat yang diinginkan biasanya merupakan senyawa aktif farmasi, eksipien farmasi, kontaminan, atau metabolit obat. Suatu zat yang akan diidentifikasi atau dikuantifikasi disebut analit. Sampel dalam analisis farmasi biasanya adalah bahan baku farmasi, produk jadi, atau sampel biologis seperti darah manusia atau urin yang mengandung satu atau lebih zat obat. Sampel terdiri dari satu atau beberapa analit, dan matriks sampel merupakan sisa sampel. Identifikasi dimaksudkan untuk mengkonfirmasi identitas analit. Identifikasi juga dapat disebut sebagai analisis kualitatif. Analisis kuantitatif dimaksudkan untuk mengukur konsentrasi yang tepat atau jumlah pasti dari analit dalam sampel tertentu. Analisis kuantitatif juga disebut sebagai determinasi. Sebagai contoh, tablet parasetamol yang mengandung 500 mg parasetamol per tablet harus dikontrol sebelum dikeluarkan dari produksi. Ini dilakukan dengan analisis farmasi. Parasetamol adalah analitnya, sedangkan tablet lainnya, yang terdiri dari eksipien farmasi yang berbeda, adalah matriks sampel. Identifikasi parasetamol dalam tablet dilakukan untuk memastikan bahwa tablet tersebut mengandung bahan aktif farmasi yang benar, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan untuk mengukur kandungan parasetamol dan untuk memeriksa apakah hasil tersebut tepat atau mendekati 500 mg per tablet. Dalam kasus terakhir, penentuan parasetamol dilakukan. Dalam kasus terakhir, penentuan parasetamol dilakukan.

Bibliographical Entries

  • Hansen, S., Pedersen-Bjergaard, S., Rasmussen, K. 2012. Introduction To Pharmaceutical Chemical Analysis. West Sussex: John Wiley and Sons

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Analisis Farmasi“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 16, 2024.