Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Antibiotik

Antibiotik

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 16, 2024

Antibiotik berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata “anti” yang berarti lawan dan “bios” yang berarti hidup, jadi maksudnya adalah “melawan sesuatu yang hidup”. Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik dapat berupa baktericidal yang artinya adalah antibiotik yang bekerja dengan efek merusak ataupun membunuh sel-sel bakteri, dapat pula berupa bakteriostatik yang artinya antibiotik yang bekerja dengan efek menghambat atau mencegah pertumbuhan bakteri.

Antibiotik dapat diklasifikasikan berdasarkan mekanisme kerjanya. Mekanisme kerja dari antibiotik dikategorikan ke dalam 5 cara: (1) Menghambat pembentukan dinding sel bakteri. Sel bakteri dilapisi oleh dinding sel yang berada di bagian luar sel dinamakan peptidoglikan. Antibiotik dengan mekanisme kerja ini memiliki efek bakterisidal dengan cara memecah enzim dinding sel dan menghambat enzim dalam pembentukan dinding sel; (2) Menghambat pembentukan protein bakteri. Antibiotik dengan mekanisme kerja ini memiliki efek bakterisidal ataupun bakteriostatik dengan cara mengganggu pembentukan protein tanpa mengganggu sel-sel normal dan menghambat tahap-tahap pembentukan protein bakteri; (3) Mengubah permeabilitas (kemampuan membran dalam meloloskan suatu zat) membran sel bakteri. Antibiotik dengan mekanisme kerja ini memiliki efek bakteriostatik dengan cara menghilangkan permeabilitas membran sehingga menyebabkan sel bakteri lisis (pecah/mati); (4) Menghambat pembentukan asam folat. Bagi bakteri, asam folat sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Antibiotik dengan mekanisme kerja ini menghambat enzim-enzim penting untuk pembentukan asam folat yang pada akhirnya dapat mengancam kelangsungan hidup bakteri; (5) Menghambat replikasi DNA. Dengan terhambatnya replikasi (penggandaan) DNA, maka bakteri tidak dapat memperbanyak diri.

Bibliographical Entries

  • Sk¨old, Ola. (2011). Antibiotics and Antibiotic Resistance. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Antibiotik“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 16, 2024.