Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Al-Kindi

Al-Kindi

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 16, 2024

Al-Kindi merupakan seorang ilmuwan muslim yang telah memberikan kontribusi penting dalam bidang ilmu farmasi. Nama lengkapnya adalah Yusuf bin Ishaq Al Kindi (lahir tahun 809 M di Suffah dan meninggal tahun 970 M). Ia adalah seorang seorang filsuf sekaligus ilmuwan yang dikenal luas dengan nama al Kindus.

Alkindus ini tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan yang ada pada saat zamannya. Alkindus ini dalam dunia farmasi, alkindus ini menetapkan serta membuat keefektifan obat-obat campuran tergantung atas hubungan yang matematis antara bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan obat tersebut. Beberapa buku hasil karya alkindus yang ditinggalkan ada beberapa cabang ilmu pengetahuan yang diketahui memiliki peran penting dalam dunia ilmu farmasi. Salah satu buku tersebut meliputi cabang
ilmu seperti ilmu farmakologi. Ilmu tersebut meliputi teori dan cara pengobatannya.

Alkindus di dalam masa hidupnya menghasilkan beberapa karya antara lain buku tentang homopteisisi yang terdapat dalam buku risalah fi’illat (tentang batuk darah dari saluran pernafasan). Selain itu, ia juga menjelaskan jenis penyakit akut beserta cara pengobatannya di dalam buku Risalah fi ‘illat Baharin al-Amradah alHaddah.

Bibliographical Entries

  • Sudewi, Sri dan Sri Mardikani Nugraha. (2017). Sejarah Farmasi Islam dan Hasil Karya Tokoh- Tokohnya. Jurnal Aqlam : Journal of Islam and Plurality. Vol. 02 No. 01.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Al-Kindi“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 16, 2024.