Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Farmakogenetik

Farmakogenetik

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 16, 2024

Pada saat anda sakit pernahkah anda mendapat rekomendasi   atau saran obat dari teman atau keluarga sendiri untuk menggunakan obat yang sebelumnya pernah mereka konsumsi. Namun setelah menggunakan  obat  tersebut sakit  anda  tidak  kunjung sembuh atau semakin parah. Hal ini berarti obat yang direkomendasikan teman atau keluarga tidak memberikan efek terapi apapun terhadap tubuh anda.

Kenapa ini bisa terjadi pada anda sedangkan teman atau keluarga anda bisa sembuh setelah menggunakan obat yang sama.  Hal ini dikarenakan respon tubuh masing-masing manusia berbeda terhadap suatu obat yang memiliki kaitan dengan variasi genetik pada manusia.

Ilmu yang mempelajari tentang  variasi respon tubuh terhadap obat dikenal dengan farmakogenetik dan tingkatan lebih luas dikenal dengan farmakogenomik. Farmakogenetik dan farmakogenomik merupakan suatu bidang ilmu baru dalam bidang kesehatan terutama dalam mempengaruhi terapi dan keberhasilan terapi obat serta dalam pengembangan obat baru. Farmakogenetik melibatkan ilmu pengetahuan tentang perubahan gen tunggal dan pengaruhnya terhadap respon atau efek terapi obat. Variasi polimorfisme dalam gen yang menyandikan fungsi protein yang membawa obat, enzim metabolisme, reseptor, dan protein lain dapat menghasilkan perbedaan individu dalam memberikan efek terapi. Sebaliknya, istilah farmakogenomik jauh lebih luas dan melibatkan seluruh genom untuk menilai  beberapa faktor penentu efek obat.

Bibliographical Entries

  • Yan, L., & Beckman, R. A. (2005). Pharmacogenetics and pharmacogenomics in oncology therapeutic antibody development. Biotechniques, 39(4S), S565-S568.
  • Geleta, B. (2016). Pharmacogenetics and pharmacogenomics: Applications in drug development and therapeutics. EC Pharmacology and Toxicology, 2, 165-186.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Farmakogenetik“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 16, 2024.