Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Farmakofor

Farmakofor

  • Version 1.0
  • Published Tuesday, April 16, 2024

Interaksi  antara  obat dengan reseptor terjadi secara spesifik. Hanya sebagian kecil bagian  dari  senyawa penuntun yang terlibat langsung dengan ikatan obat-reseptor. Kumpulan dari  beberapa  gugus  dari molekul obat yang berikatan denagn reseptor disebut dengan farmakofor. Bagian lain yang bertugas untuk menjaga integritas molekul dan penyangga dari gugus farmakofor tersebut disebut auksofor.

Dengan menentukan mana saja dari molekul yang termasuk gugus farmakofor dan auksofor, maka dapat diketahui mana saja gugus yang mengganggu ikatan obat-reseptor. Dengan dasar tersebut, maka dapat diketahui mana saja gugus yang dapat dipotong dan mana gugus yang haru dimodifikasi. Pendekatan ini dapat mengoptimalkan salah satu parameter modifikasi obat yaitu potensi. Optimalisasi parameter farmakokinetik (ADME) juga dapat dilakukan dengan  modifikasi  pada gugus auksofor.

Bibliographical Entries

  • Silverman, Richard B. (2014). The organic chemistry of drug design and drug action. San Diego: Acad Press.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Farmakofor“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Tuesday, April 16, 2024.