Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Riskiyah

Published Articles

PHBS HAJI - Tidak Merokok
PublishedMonday, April 22, 2024
Excerpt

Merokok ketika ibadah haji sangat tidak dianjurkan karena dapat dapat membuat menurunnya nilai tes fungsi paru sehingga mengakibatkan berkurangnya aktivitas ketika beribadah haji. Merokok juga dapat menyebabkan berbagai penyakit tidak menular bahkan kanker.

Version1.0
PHBS Haji - Masker
PublishedThursday, April 18, 2024
Excerpt

Salah satu hal penting yang harus dilakukan jemaah haji saat beribadah haji adalah memakai masker, karena ketika musim haji banyak orang-orang dari seluruh dunia berkumpul untuk melakukan ibadah haji. Hal ini dapat menjadi penularan penyakit ke dan dari orang lain, sehingga tindakan pencegahan yang baik untuk mencegah penularan infeksi terutama infeksi saluran pernafasan adalah menggunakan masker.

Version1.0
PHBS Haji
PublishedWednesday, April 17, 2024
Excerpt

Kesadaran untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi jemaah haji selama kegiatan ibadah haji adalah sangat penting. Penerapan PHBS ini dapat mencegah penyebaran infeksi terutama penyakit menular sehingga jemaah haji dapat selalu sehat dan beribadah dengan maksimal.

Version1.0
PHBS-Kebersihan Tangan (Hand Hygiene)
PublishedThursday, April 18, 2024
Excerpt

Hand hygine dengan melakukan cuci tangan secara rutin ketika beribadah haji dapat membuat para jemaah haji dapat terhindar dari berbagai penyakit karena mencuci tangan dengan benar dapat mencegah penyebaran penyakit infeksi misalkan infeksi pernafasan maupun diare dari satu orang ke orang lain. Mencuci tangan dapat menggunakan air dengan sabun maupun memakai hand sanitizer.

Hygiene berasal dari nama Hygeia yang merupakan dewi penyembuhan dari Yunani. Di jaman modern, kebersihan biasanya mengacu kepada pengurangan agen infeksius berbahaya salah satunya dengan mencuci tangan. Definisi lain dari praktek hand hygiene adalah seseorang yang sering mencuci tangan menggunakan pembersih tangan yang ditunjukkan oleh Pusat Pengendalian Penyakit (CDC). Tujuan dari hand hygiene adalah untuk menghilangkan dengan cepat mikroba yang merugikan manusia.

Version1.0

Articles in other language: