Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Al-Biruni

Al-Biruni

Al-Biruni merupakan seorang ilmuwan yang telah memberikan kontribusi besar dalam bidang ilmu kesehatan, terutama ilmu farmasi. Nama aslinya adalah Abu Raihan Muhammed Ibnu Ahmad Al- Biruni (lahir tahun 973 M dan meninggal tahun 1051 M di Ghazni). Ia memberikan definisi mengenai ilmu farmasi serta menetapkan metode dan prinsip tentang buku farmakologi.

https://yeshwantin.files.wordpress.com/2020/09/img_3348.jpg

Al-Biruni juga menjelaskan secara lugas dan jelas tentang ilmu farmasi beserta dasar-dasarnya, peranan ilmu farmasi, begitu juga tugas dan fungsi seorang farmasis. Kesemua ini ia bahas dalam buku karyanya berjudul as Saydalah fi ath Thibb yang berisikan penjelasan mengenai obat-obatan. Al-Biruni  juga membuat dan menjelaskan peralatan untuk proses pembuatan obat-obatan, dan tugas sebagai apoteker serta turut menopang tumbuhnya apotek dengan menjelaskan fungsi dan peranan apotek di era Islam.

Bibliographical Entries

  • Sudewi, Sri dan Sri Mardikani Nugraha. (2017). Sejarah Farmasi Islam dan Hasil Karya Tokoh- Tokohnya. Jurnal Aqlam : Journal of Islam and Plurality. Vol. 02 No. 01.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang,