Logo

Search the Maliki Encyclopedia

Article Akurasi

Akurasi

Akurasi adalah ukuran yang menujukan derajat kedekatan hasil analisis dengan kadar analit yang sebenarnya. Akurasi dinyatakan sebagai persen perolehan kembali (recovery) analit yang ditambahkan. Kecermatan hasil analis sangat tergantung dengan sebaran galat sistematik didalam keseluruhan tahapan analisis. Akurasi merupakan ketepatan metode analisis atau kedekatan antara nilai terukur dengan nilai yang diterima baik nilai konvensi, nilai sebenarnya, atau nilai rujukan. Akurasi diukur sebagai banyaknya analit yang diperoleh kembali pada suatu pengukuran dengan melakukan spiking  pada  suatu  sampel. Untuk pengujian senyawa obat, akurasi diperbolehkan yaitu dengan cara membandingkan hasil pengukuran dengan bahan rujukan standar.

Akurasi metode adalah kedekatan nilai yang diperoleh dengan nilai sebenarnya dari suatu sampel.  Penentuan nilai akurasi harus mempertimbangkan pengambilan sampel dan perlakuan sampel, selain akurasi metode pengukuran. Akurasi metode dapat ditentukan dengan salah satu dari tiga cara berikut.:

a) Analisis bahan referensi

b) Perbandingan  dengan  hasil menggunakan metode lain yang diketahui akurat

c) Studi pemulihan

Pilihan (a) lebih disukai; jika tidak dapat melakukan (a) maka (b) adalah pilihan kedua dan (c) pilihan ketiga.

Bibliographical Entries

  • Gandjar, Ibnu Gholib, Abdul Rohman. (2014). Kimia Farmasi Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Yuwono, M., dan Indrayanto, G., 2005. Validation of Chromatographic Methods of Analysis. Profiles of Drug Substances, Exipients, and Related Methodology. Volume 32, pages 243-259.

Citation

Tim Prodi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang: „Akurasi“, Version 1.0. In: Maliki Encyclopedia. Published by Pusat Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang,